Home / Uncategorized / 4 Pilar Sebagai Benteng Munculnya Kekerasan Dalam Pilkada Serentak
IMG_2059

4 Pilar Sebagai Benteng Munculnya Kekerasan Dalam Pilkada Serentak

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Pelaksanaan Pilkada Serentak sudah di depan mata, demokrasi elektoral dgn sistem yg baru ini adalah sebuah pertaruhan bagi seluruh masyarakat Indonesia mengingat pelaksanaan pilkada selalu rentan terhadap terjadinya kekerasan.
Miryam S. Haryani, M.Si, anggota MPR RI Fraksi Partai Hanura mengungkapkan, dalam pilkada-pilkada sebelumnya tercatat ada beberapa daerah yg mengalami kejadian kekerasan ini, diantara adalah Tuban, Kota Waringin Barat, dan sebagainya. “Hal tersebut harus diantisipasi sedini mungkin oleh penyelenggara pemilu dan aparat keamanan agar pilkada serentak yg baru pertama kali diselenggarakan ini berlangsung aman dan damai.”ujarnya beberapa hari yang lalu.
Salah satu cara untuk mengantisipasi kekerasan ini menurut Miryam, adalah dengan menguatkan kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila khususnya terkait dgn persatuan indonesia. Sila ini adalah perwujudan dari ciri masyarakat Indonesia yg harus selalu dijaga dan dijunjung tinggi.
Seraya menambahkan, masyarakat harus mampu menghayati dgn sepenuhnya mengenai arti dari tenggang rasa dan rendah hati agar kekerasan mampu ditekan sedemikian rupa. “Disinilah letak sosialisasi 4 pilar ini menjadi penting bagi kita untuk terus dilaksanakan ditengah masyarakat Indonesia yg sangat majemuk.”tandasnya (Marwan)

About admin

Check Also

Aboe Bakar Al HAbsyi Anggota Komisi III DPR RI FPKS

Kerusahan Lapas Jambi, Aboe Bakar desak tindak tegas pelakunya

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Kericuhan telah terjadi di Lapas Klas II A Jambi, Rabu (1/3/2017) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *