Home / MPR / Indonesia mayoritas muslim tapi menjalankan demokrasi dengan baik
Zulkifli Hasan. Foto: dok. kabarparlemen
Zulkifli Hasan. Foto: dok. kabarparlemen

Indonesia mayoritas muslim tapi menjalankan demokrasi dengan baik

Zulkifli Hasan. Foto: dok. kabarparlemen
Zulkifli Hasan. Foto: dok. kabarparlemen

JAKARTA, KABARPARLMEN – Kedatangan Duta Besar Italia untuk Indonesia, Vittorio Sandalli, di ruang kerja Ketua MPR Zulkifli Hasan, Lt. 9, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, diterima dengan hangat. “Terima kasih atas kedatangan yang mulia,” ujar Zulkifli Hasan diawal sambutan.

Hubungan kedua negara, Indonesia-Italia, telah berlangsung sejak lama dan mempunyai sejarah yang panjang. Dari waktu ke waktu semakin membaik. “Kita berharap dengan ditugaskan yang mulia sebagai duta besar di Indonesia bisa meningkatkan hubungan,” ujarnya.

Zulkifli Hasan berharap agar peningkatan hubungan tak hanya antarpemerintah namun juga antarparlemen dan antarmasyarakat. “Dalam bidang ekonomi, budaya, politik, dan bidang lainnya,” harapnya.

Dipaparkan Zulkifli Hasan kepada Sandalli, setelah MPR melakukan amandemen konstitusi, sistem keparlemenan di Indonesia terdiri atas MPR, DPR, dan DPD. Dikatakan tugas MPR adalah menjaga konstitusi, melakukan amandemen bila diperlukan, melantik dan memberhentikan Presiden serta menjaga keberagaman.

Bangsa ini sudah 70 tahun sepakat menjadikan keberagaman sebagai konsensus sebagai landasan bangsa dan negara. Dari landasan ini maka siapapun dengan latar apapun, baik agama, etnis, dan bahasa, memiliki hak dan kewajiban yang sama. “Inilah tugas MPR untuk menjaganya,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, meski bangsa ini mayoritas penduduknya beragama Islam namun bangsa ini bisa melaksanakan demokrasi dengan baik. Disebutkan, Ahok yang beragama Katolik menjadi Gubernur Jakarta yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Di Nusa Tenggara Timur, Ketua DPRD-nya beragama Islam meski penduduknya di sana mayoritas beragama Katolik. Disebutkan lagi, di Indonesia tempat ibadah, misal gereja bisa berdampingan dengan masjid. “Meski di Indonesia terdiri dari berbagai ragam perbedaan namun ummat Islam tetap toleran,” ujarnya. (Yayat R Cipasang)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menjadi Khatib Shalat Tarawih dan Witir berjamaah di Masjid Istiqlal, Senin (30/05/2017) malam

Ketua MPR minta ummat unggul di Bidang Iptek dan Ekonomi

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menjadi Khatib Shalat Tarawih dan Witir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *