Home / DPR / Paripurna Tax Amnesty, Ketua DPR RI Menuai Sorotan
Ade Komaruddin. Foto : DPR RI
Ade Komaruddin. Foto : DPR RI

Paripurna Tax Amnesty, Ketua DPR RI Menuai Sorotan

Ade Komaruddin. Foto : DPR RI
Ade Komaruddin. Foto : DPR RI

JAKARTA, KABAR PARLEMEN.COM-Ketua DPR RI Ade Komaruddin (Akom) menuai sorotan dan kritikan tajam dari kalangan anggota DPR RI, Selasa (12/4/2016). Hal itu terjadi dalam rapat paripurna DPR RI, lantaran Akom dinilai sepihak dan sendirian dalam memimpin rapat Badan Musyawarah terkait RU U Tax Amnesty.

“Ini harus jadi perhatian karena kekompakan pimpinan jadi cermin di parlemen. Jadi saya mohon diluruskan. Jangan ada dusta diantara kita,” ungkap Teguh di dalam rapat paripurna DPR RI, Selasa (12/4/2016).

Anggota DPR dari PKS, Eki Awal Muharram mengatakan, rapat Bamus kemarin sore adalah cacat hukum.

“Karena tidak dibicarakan dan tak memenuhi unsur keabsahannya. Pembicaraan bamus kemarin adalah hendak konsultasi kepada pemerintah. Tapi tahu-tahu ada bamus,” kata dia.

Ia pun menyesalkan keputusan Ketua DPR yang mengesahkan pembahasan RUU Tax Amnesty kepada Komisi XI DPR RI.

“Kita juga paham prosesnya bagaimana RUU TA diajukan. Tapi tiba-tiba kita harus dipaksa keluarkan sebuah RUU yang beri pengampunan pidana pengemplang pajak. Padahal dengan memperbaiki ketentuan perpajakan, maka pemerintah bisa menarik pajaknya,” kata Eki.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon juga memprotes sikap Ketua DPR Ade Komaruddin (Akom) yang memutuskan melanjutkan pembahasan RUU Tax Amnesty tanpa melalui rapat konsultasi dengan pemerintah.

“Rapat kemarin itu tidak sah menurut tatib. Saya ikut mempersoalkan kenapa sendiri pimpin bamus,” kata Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Fadli menduga, Akom ingin memutuskan sendiri pembahasan RUU tersebut tanpa diketahui oleh pimpinan DPR lain.

“Kesannya seperti diam-diam. Saya kira tidak bisa pimpin DPR seperti ini. saya pukul 13.00 WIB masih di sini tidak ada undangan bamus pukul 15.00 WIB. Seperti ada yang disembunyikan soal Tax Amnesty,” terangnya.

Kemarin, Ketua DPR Ade Komaruddin mengatakan pembahasan RUU Tax Amnesty bisa dilanjutkan. Padahal sesuai kesepakatan sebelumnya dalam rapat Bamus yang dihadiri pimpinan Fraksi dan Komisi menyetujui bahwa pembahasan RUU itu perlu disampaikan kembali kepada pemerintah melalui rapat konsultasi. (KP)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *