Home / FRAKSI / Fraksi PAN / MPR RI raih rekor Muri 1.000 pemusik keroncong
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto : elshinta.com
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto : elshinta.com

MPR RI raih rekor Muri 1.000 pemusik keroncong

Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto : elshinta.com
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto : elshinta.com

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM — MPR RI mendapat penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) karena dianggap berhasil menyosialisasikan 4 Pilar melalui musik keroncong. Rekor yang tercipta, yaitu sosialisasi 4 Pilar menggunakan 1.000 pemusik keroncong dan memecahkan rekor dunia.

“Saya terpaksa menolak untuk rekor Indonesia. Sebab, ini tidak layak, karena ini pantas masuk rekor dunia. Silakan saja, di Moscow, Paris, Washington DC, dan negara lain tidak ada musik keroncong. Yang ada di Indonesia saja,” kata Pendiri Muri Jaya Suprana di Gedung MPR/DPR RI Jakarta, pekan ini.

Hadir Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil KetuaMPR RI Oesman Sapta, anggota MPR RI FPKS TB. Soenmandjaja, Sundari Sukotjo dan ratusan peserta sosialiasi 4 Pilar MPR RI dari berbagai unsur pelajar, mahasiswa, masyarakat, dan penyanyi seniman musik keroncong yang tergabung dalam Yayasan Keroncong Indonesia (YAKI).

Dalam kesempatan itu Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan penghargaan ini sebagai tanda bahwa budaya musik khas Indonesia bisa menjadi media untuk memperkuat nasionalisme. Masyarakat harus bangga karena keroncong sudah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan RI.

Karena itu Zulkifli optimis bahwa melalui musik keroncong, sosialiasi 4 Pilar bisa disosialisasikan ke generasi muda dengan lebih efektif. “Keroncong itu mempunyai nilai tinggi dari syair, punya kesederhanaan, sudah ada dari perjuangan kemerdekaan. Sekaligus media penghibur selama penjajahan berlangsung. Jadi, saya apresiasi untuk Yakin dan Ibu Sundari Soekotjo,” ujarnya.

Selain rekor MURI untuk MPR RI, penghargaan juga diberikan kepada Ketua YAKI Sundari Soekotjo. Sebagai seniman musik keroncong, Sundari dinilai bisa memperjuangkan kelestarian seni budaya Indonesia.

Bersamaan dengan itu MURI menganugerahkan penghargaan kepada MPR RI atas rekor dunia Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada seniman musik keroncong terbanyak. Penyerahan penghargaan itu berlangsung dalam acara ‘Sosialisai Empat Pilar MPR Melalui Senandung Keroncong Indonesia’.

Penghargaan diserahkan Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia Jaya Suprana — yang diwakilkan kepada Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta, dan diterima oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan disaksikan oleh komunitas dan penggemar musik keroncong yang hadir.

Dalam pengantarnya, Jaya Suprana menyatakan, ia menolak rekor yang diberikan kepada MPR RI ini disebut sebagai rekor Indonesia. “Tapi, ini adalah rekor dunia,” kata Jaya Suprana yang disambut tepuk tangan ratusan hadirin yang menyaksikan penghargaan tersebut.

Kenapa disebut sebagai rekor dunia? Hal itu menurutnya karena di Washington DC, Tokyo, Paris, London, dan negara lainnya tidak mempunyai musik keroncong. “Bahwa musik keroncong itu hanya ada di Indonesia,” tutur Jaya Suprana.

Sekarang ini kata Jaya Suprana, sedang diusulkan kepada UNESCO agar musik keroncong dicatat menjadi warisan kebudayaan asli Indonesia untuk dipersembahkan kepada dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Jaya Suprana juga menyerahkan rekor MURI kepada Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) DPP DKI Jakarta dan Yayasan Keroncong Indonesia (Yakin) yang keduanya diterima oleh DR. Sundari Sukoco, MM. (Yayat/KP)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *