Home / DPR / Integrasi kawasan Eurasia berperan tingkatkan kerjasama lebih luas

Integrasi kawasan Eurasia berperan tingkatkan kerjasama lebih luas

eroasia

MOSKOW, KABARPARLEMEN.COM- Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Rofi Munawar menilai perkembangan integrasi kawasan Eurasia (Eropa dan Asia) berperan penting untuk meningkatkan kerjasama yang lebih luas, bukan untuk mengarah pada kompetisi.

Hal itu disampaikan Rofi saat menghadiri pertemuan ‘the First Meeting of The Speakers of the European Countries’ (MSEAP) yang dihadiri oleh para pemimpin parlemen dari negara-negara di kawasan Eurasia. Pertemuan ini adalah inisiatif bersama antara the State Duma of the Russian Federation dan the Parliament of the Republic of Korea, yang berlangsung pada 19-20 April 2016, di Moskow, Rusia.

“Pertemuan ini membahas mengenai peningkatan kerja sama antara Asia dan Eropa terutama dalam bidang ekonomi, budaya, lingkungan dan kemitraan strategis,” kata Rofi di Moskow, Rabu (20/4) pagi waktu Rusia melalui keterangan persnya yang terima Kabarparlemen.com.

Rofi menambahkan pertemuan ini juga bersepakat untuk meningkatkan kerjasama antar parlemen negara-negara di Eropa dan Asia yang tertuang dalam bentuk Pernyataan Akhir (Final Statement).

“Oleh karena itu, MSEAP diharapkan akan menjadi pertemuan tetap dan sarana efektif dialog tahunan yang menyatukan negara-negara di kawasan Eropa dan Asia dalam kerangka diplomasi parlemen,” tambah Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII ini.

Diketahui, dalam pertemuan ini Ketua Parlemen Rusia Sergey Naryshkin dan Ketua Parlemen Korea Selatan Chung Ui Hwa sempat menghentikan jalannya persidangan seraya mengajak delegasi yang hadir untuk mengheningkan cipta (moment of silence) bagi para korban ledakan bom di dekat Kedutaan AS di Kabul, Afghanistan, dengan korban tewas sebanyak 28 orang pada Selasa (19/4).

Oleh karena itu, Rofi menyampaikan keprihatinan atas kejadian tersebut di tengah upaya menjaga stabilitas keamanan dan pemberantasan tindakan terorisme di Kawasan Eurasia dalam pertemuan MSEAP ini.

“Teroris merupakan musuh kita bersama. Oleh karena itu, pemberantasannya membutuhkan upaya terpadu secara global, tidak hanya di kawasan Eurasia,” jelas Rofi di sela-sela pertemuan.

Dalam beberapa tahun terakhir, integrasi kawasan telah mengalami perkembangan pesat antara lain ditandai dengan Eurasian Economic Union (EEU) maupun ASEAN Economic Community (AEC) yang diluncurkan pada tahun 2015. Sehingga, MSEAP diharapkan dapat memfasilitasi kerja sama antar kawasan.

“Tentunya kerjasama Pan Eurasia yang dibentuk melalui MSEAP tidak mengarah pada kerjasama eksklusif transkontinental dan ambisi geopolitis tertentu, namun untuk melengkapi kerja sama multilateral yang telah terbangun selama ini,” tutup Rofi. (KP)

About admin

Check Also

Tantowi Yahya: Membumikan Pancasila pada WNI di Wellington melalui film LIMA

KABAR PARLEMEN.com, Wellington – Ruang Bali KBRI Wellington , Jumat (26/10) penuh sesak dengan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *