Home / DPR / Wakil Ketua MPR RI ajak masyarakat Jambi teladani pahlawan Sultan Thaha

Wakil Ketua MPR RI ajak masyarakat Jambi teladani pahlawan Sultan Thaha

Hidayat Nur Wahid

JAMBI, KABARPARLEMEN.COM- Wakil Ketua MPR RI mengajak masyarakat Jambi untuk meneladani pahlawan dan pendiri bangsa, termasuk Pahlawan Besar bernama Sultan Thaha.

Ajakan itu disampaikan Hidayat saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Bappeda, Provinsi Jambi, Selasa (3/5).

Dalam acara hasil kerjasama MPR RI dengan Forum Peduli Remaja Jambi (FPRJ) ini, Hidayat menjelaskan jika bangsa ini konsisten mengamalkan Sila I “Ketuhanan Yang Maha Esa”, tentu tidak akan terjadi lagi beberapa peristiwa pada momen Hardiknas, seperti seorang mahasiswa yang membunuh dosennya di Medan, mahasiswi Jogjakarta yang ditemukan tewas di toilet, bahkan 14 orang yang memperkosa siswi 14 tahun.

“Untuk itu, mari kita semua belajar dari para pahlawan dan pendiri bangsa Indonesia yang mengajarkan kita bangga dan mencintai bangsa sendiri. Apalagi Jambi memiliki seorang pahlawan besar yakni Sultan Thaha. Menyelamatkan bangsa dari berbagai masalah buruk merupakan cita-cita pendiri bangsa,” jelas Hidayat di depan ratusan hadirin dari berbagai elemen masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut pula, Hidayat mengajak pemerintah, baik di pusat maupun daerah, untuk turut mengambil peran dalam hal Sosialisasi Empat Pilar. Sebab, secara vertikal, pemerintah memiliki kekuasaan hingga ke tingkat RT, juga ditunjang oleh anggaran yang besar.

“Sedangkan anggota MPR terbatas, dan disibukkan pula aktivitasnya di DPR dan DPD, karena anggota MPR adalah anggota DPR dan DPD pula. Padahal, yang disosialisasikan adalah perubahan yang mendasar,” jelas Ketua MPR Periode 2004-2009 ini.

Beberapa perubahan mendasar dari UUD yang perlu disosialisasikan, menurut Hidayat, misalnya adalah sebelum reformasi tak ada Pemilu untuk Presiden. “Kini setelah ada perubahan konstitusi, Pemilu Presiden digelar secara berkala,” jelas Hidayat dengan didampingi oleh Anggota MPR RI dari Fraksi PKS Mustafa Kamal.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Jambi Fahrori Umar menyambut positif atas Sosialisasi Empat Pilar atas prakarsa Wakil Ketua MPR RI Hidayat tersebut. Mewakili Gubernur  Jambi, pihaknya mengaku banyak masyarakat Jambi yang tidak memahami Empat Pilar.

“Untuk itulah dalam acara ini, peserta akan diberi pemahaman mengenai Empat  Pilar MPR RI, yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia (NRI) Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan  dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini juga untuk menggali potensi para remaja agar dapat mencintai kebudayaan Jambi,” jelas Fahrori. (KP)

About admin

Check Also

Novita Wijayanti: Otonomi Daerah dalam Bingkai NKRI

KABAR PARLEMEN, Banyumas – Empat Pilar Kebangsaan merupakan tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *