Home / DPR / Ketua BKSAP DPR RI terima kunjungan Dubes Iran
Nurhayati Ali Assegaf. Foto : DPR RI.

Ketua BKSAP DPR RI terima kunjungan Dubes Iran

Nurhayati Ali Assegaf. Foto : DPR RI.
Nurhayati Ali Assegaf. Foto : DPR.go.id

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia yaitu Valiollah Mohammad di Gedung DPR RI Jakarta, pada Rabu (4/5/2016). Pertemuan membahas kerjasama ekonomi, pendidikan, terorisme, dan politik kedua negara.

“Sebagai badan yang khususnya memberikan saran dan sebagai ujung tombak dari diplomasi parlemen, DPR meminta selalu mengutamakan kepentingan masyarakat. Jadi, kita meminta agar lebih ditingkatkan lagi hubungan investasi antara Iran dan Indonesia, kemudian juga people to people contact, contohnya seperti lebih diperbanyak lagi mahasiswa Iran yang belajar ke Indonesia,” tegas Nurhayati.

Politisi Demokrat itu menyarankan agar pemerintah harus lebih aktif dalam memberikan penjelasan kepada negara-negara luar khususnya kepada Iran, bahwa Indonesia juga terbuka untuk menerima mahasiswa-mahasiswa Iran untuk belajar di Indonesia.

“Kita juga berharap turis-turis Iran tidak hanya singgah di Indonesia, sementara tujuan utamanya adalah Australia. Kita ingin Indonesia dapat menjadi tujuan utama para turis tersebut, atau juga bersekolah di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Nurhayati, di Indonesia sudah ada culture center nya Iran, kenapa tidak dibuat Indonesian culture center juga di negara Iran, Supaya mereka lebih mengerti tentang budaya Indonesia.

Terkait pembahasan masalah terorisme, dia meminta pihak Iran juga berpartisipasi aktif guna mencari persamaan diantara perselisihan paham-paham yang ada, tidak semata-mata memperbesar perbedaan paham tersebut.

“Kita meminta supaya Iran ikut berperan aktif, yakni ketika terjadi perbedaan paham di antara kelompok atau golongan tertentu, agar dicarikan persamaan pahamnya, dan bukan masalah perbedaan yang justru dibesar-besarkan, agar saling merangkul bukan memusuhi. Masalah terorisme terjadi, antar lain juga dikarenakan adanya perbedaan paham diantara sebagian kelompok atau golongan tersebut,” pungkasnya. (Yayat.R.Cipasang)

About admin

Check Also

Novita: Tinjauan kesiapan Kabupaten Cilacap dalam mitigasi bencana

KABAR PARLEMEN.com, Cilacap -Kabupaten cilacap merupakan daerah rawan bencana dengan menduduki peringkat ke 3 se …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *