Home / DPR / Tadarus Nasional alumni HMI dipusatkan di Masjid Baiturrahman DPR RI
Ilustrasi baliho Tadarus Nasional alumni HMI di Kendari, Sulawesi Tenggara.
Ilustrasi baliho Tadarus Nasional alumni HMI di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tadarus Nasional alumni HMI dipusatkan di Masjid Baiturrahman DPR RI

Ilustrasi baliho Tadarus Nasional alumni HMI di Kendari, Sulawesi Tenggara.
Ilustrasi baliho Tadarus Nasional alumni HMI di Kendari, Sulawesi Tenggara.

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Menyambut bulan suci Ramadhan dan persiapan menyongsong Hari Ulang Tahun ke-50 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), alumni dan keluarga besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar Tadarus Nasional secara serentak di seluruh Indonesia hari ini.

Tadarus Nasional ini dipusatkan di Masjid Baiturrahman di Komplek DPR RI mulai pukul 14.00 WIB sampai selesai, dan secara serentak pada tanggal dan jam yang sama  diikuti oleh 34 daerah seluruh Indonesia.  Tadarus Nasional di masing-masing daerah diikuti antara 150 sampai 350 peserta.

Ketua Panitia Tadarus Nasional Keluarga Besar HMI-KAHMI Dr Ir  Lely Wahyuniar mengatakan, acara ini diinisiasi oleh  alumni HMI yang tergabung dalam grup chatting KAHMI Forever Tadarus al Quran  (KFTQ).

“KFTQ sejak awal tahun 2016 telah melaksanakan Program Khataman setiap hari yg disebut Tamri yaitu Khataman Sehari. Tamri terdiri  dari 5 pilihan bacaan setiap harinya. 1 Juz; 1/2 Juz; 1/4 Juz; 1/8 Juz dan 1/12 Juz. Dengan Program Tamri ini, setiap hari Keluarga Besar HMI memgkhatamkan al Quran sebanyak 4 kali dan setiap minggu sebanyak 4×7 + 2×1 atau sebanyak 30 kali khatam,” kata Lely.

Dari Khatam Sehari ini, tambah Lely, dirancang program Tadarus Nasional di Jakarta dan terlaksana pada 3 Juni 2016 di Masjid Baiturrahman di Komplek DPR/MPR, Senayan Jakarta.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh minimal 120 orang peserta dalam 1 kali putaran khatam dengan masing masing membaca 1/4 juz.  Jadi kegiatan ini lebih kurang sama dengan kegiatan di grup chatting  KFTQ Tamri 1/4 Juz,” ujarnya.

Apabila peserta lebih dari 120 orang maka dibuat kelompok baru untuk menyelesaikan khatam al-Quran.

Tadarus Nasional di Masjid Baiturrahman  akan dihadiri oleh 350 orang Keluarga Besar HMI. Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Nasional, antara lain Akbar Tandjung, Fuad Bawazier, Reni Marlinawati, Viva Yoga Mauliadi, Bambang Soesatyo,  Subandryo, dan sejumlah anggota DPR dan DPD RI.

Selain Tadarus juga dilaksanakan Taushiyah oleh ustadz Munzir Situmorang dan santunan anak yatim penghafal al-Quran dari Rumah Doa Anak Yatim Bogor. “Jadi acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT ke 50 tahun KAHMI yang akan diperingati pada September 2016,” kata Lely lagi.

Pada September itu akan diselenggarakan juga  Tadarus Nasional yang dipusatkan di Masjid Istiqlal pada hari Sabtu tgl 17 September 2016 serentak di 200 kota di seluruh Indonesia.

“Acara itu juga akan disiarkan langsung dari berbagai kota. Sekurang kurangnya 4 kota mewakili waktu Indonesia Bagian Timur, Tengah dan Barat, termasuk Jakarta,” katanya.

Tadarus Nasional ini dirangkaikan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, yang juga diikuti dengan pemberian santunan yang sama pada anak yatim di acara Tadarus Nasional di setiap daerah. “Di Jakarta kita mau berbagi dengan anak yatim,” tambahnya.

Menurut Lely, jumlah peserta Tadarus Nasional seluruh Indonesia kurang lebih 6.000 peserta, dan menyalurkan santunan anak yatim ke sekira 600 orang. Daerah-daerah yang tercatat memberi santunan antara lain Aceh 30, Sumatera Utara 250, Sumatera Barat 51, Bengkulu 30, Jambi  152,  DKI Jakarta  50.

“Sedangkan  Jawa Barat 150 santunan, Jawa Timur 140,  Sulawesi Selatan 120, Sulawesi Tenggara 50, dan Maluku 108 santunan,” pungkas Lely. (KP)

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *