Home / DPR / Golkar ajak masyarakat cegah meluasnya kasus kekerasan SARA!
Ketua DPR RI Setya Novanto
Ketua DPR RI Setya Novanto

Golkar ajak masyarakat cegah meluasnya kasus kekerasan SARA!

Ketum Golkar Setya Novanto.
Ketum Golkar Setya Novanto.

JAKARTA, KABARPARLEMEN.com, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto prihatin dengan peristiwa pembakaran sejumlah Vihara dan Klenteng di Tanjung Balai dan sebelumnya Pengerusakan sejumlah alat berat dan pos polisi di Kabupaten Karo Sumatera Utara.

kata Setya, pengerusakan dan pembakaran sejumlah vihara dan klenteng di Tanjung Balai, harus dapat di cegah. Untuk itu aparat mesti bergerak cepat mengusutnya dan mengambil tindakan tegas terhadap seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

” Saya dengar kasus ini berawal dari permasalahan individu/pribadi yang kebetulan bertetangga, namun meluas karena ada provokasi. Saya menghimbau agar masyarakat di Tanjung Balai untuk tidak terprovokasi, jangan mudah terhasut apalagi dengan memakai embel-embel atau isu agama,” ujar Setya Novanto dalam keterangan resminya, Sabtu (30/7).

Lebih lanjut Setya mengatakan, tindakan anarkis tersebut terjadi diluar akal sehat, jauh dari nilai perikemanusiaan apalagi nilai-nilai keagamaan. Sehingga masyarakat di Tanjung Balai khususnya dan Rakyat Indonesia pada umumnya, untuk tidak terprovokasi mengkait-kaitkan peristiwa ini dengan sentimen keagamaan.

Sentimen yang seharusnya mengarahkan setiap umat yang memeluk agama atau kepercayaan masing-masing, pada kehidupan yang damai dan harmonis sesuai dengan nilai keagamaan yang senantiasa menjadikan kedamaian sebagai tujuan utama.

” Saya minta Masyarakat yang memiliki masalah pribadi untuk diselesaikan secara kekeluargaan atau dibawa ke ranah hukum, bukan melakukan tindakan provokasi terlebih lagi tindakan anarkis,” tegasnya.

Untuk kericuhan yang terjadi di Kabupaten Karo tepatnya disekitar Desa Lingga, kata Setya, ia sungguh mendapatkan kehormatan diberi gelar dan marga Sinulingga oleh tokoh adat serta masyarakat Desa Lingga beberapa waktu lalu.

Setya pun menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah di provokasi, apalagi ikut-ikutan membakar pos polisi dan sejumlah alat berat lalu melempati Mapolres Karo Sumatera Utara, utamakan musyawarah untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di sana.

” Persoalan terkait Sinabung sebenarnya sangat mudah dicari jalan keluarnya, asalkan kita bersama-sama mengedepankan kepentingan bersama melalui jalan musyawarah,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, kata Setya, dirinya sangat mengapresiasi pihak Kepolisian turun langsung untuk mengatasi permasalahan tersebut.

” Terakhir saya menghimbau kepada kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Bangsa Indonesia. Keragaman yang ada di bumi pertiwi ini, bukan pemisah namun menjadi warna untuk mempersatukan kita, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika, Meskipun Berbeda-beda Tapi Tetap Satu!,” tegasnya.(jay/hil)

About admin

Check Also

Anggota Komisi XI DPR RI FG Muhammad Misbakhun

Misbakhun tegaskan hak angket ingin KPK lebih baik

  00 Related posts: Misbakhun: Perppu Nomor 1 Tahun 2017 bagian dari reformasi Perpajakan Rumor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *