Home / DPR / Pergantian Kepala BIN, Tantowi Yahya apresiasi sikap Bang Yos
Anggota Komisi I DPR RI FG Tantowi Yahya

Pergantian Kepala BIN, Tantowi Yahya apresiasi sikap Bang Yos

Kepala BIN Sutiyoso
Kepala BIN Sutiyoso

KABARPARLEMEN.com, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar Tantowi Yahya mengatakan, issue pergantian Kepala BIN sudah lama berhembus. Namun sejauh ini Komisi I belum menyikapinya, sampai dengan ada informasi resmi.

” Kami di Komisi satu sejauh ini belum berani berkomentar karena baru sebatas issue. Kami menilai positif kinerja Bang Yos sebagai Kabin selama kurang lebih setahun ini, dengan deretan prestasi,” ujar Tantowi Yahya dalam pesan singkatnya, Jumat b(02/09/2016)

Kata Tantowi, ada beberapa kejadian yang sempat memojokkan beliau. Namun waktu, fakta dan data yang akhirnya membuktikan, bahwa itu tidak sepenuhnya kesalahan beliau dan lembaga yang dipimpinnya.

Lebih lanjut Tantowi, bahwa jabatan menteri dan kepala lembaga setingkat menteri adalah jabatan politis. Ditambah lagi, dalam nomenklatur penyelenggaraan pemerintah, menteri dan kepala lembaga adalah pembantu Presiden. Dengan status demikian, Presiden sebagai penguasa tertinggi di pemerintahan mempunyai otoritas untuk melakukan pergantian dan pergeseran dalam rangka mencapai target kinerja.

” Alhamdulillah Bang Yos telah memaknai pergantian ini sebagai siklus biasa. Saya sendiri belum bertemu Bang Yos lagi, tapi telah mendengar, bahwa bang Yos legowo dengan hal ini.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengusulkan Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan pejabat sekarang Sutiyoso.

Nama BG tersebut telah disampaikan Presiden kepada Ketua DPR RI Ade Komaruddin melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang diantar langsung ke Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat pagi 2 September 2016.

“Presiden mengusulkan nama Budi Gunawan sebagai pengganti Sutiyoso dan proses selanjutnya ada di DPR karena institusi itu akan memberikan pertimbangannya,” kata Pratikno dalam konperensi pers bersama pimpinan DPR RI seusai pertemuan tersebut. (jay)

About admin

Check Also

Isu kelapa sawit, hasil pertemuan DPR RI-Uni Eropa capai kemajuan positif

KABAR PARLEMEN.com -Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf menyampaikan, salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *