Home / DPR / Fahri: Potong anggaran tanpa persetujuan DPR, Presiden langgar konstitusi
Fahri Hamzah Wakil ketua DPR FPKS.
Fahri Hamzah Wakil ketua DPR FPKS.

Fahri: Potong anggaran tanpa persetujuan DPR, Presiden langgar konstitusi

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto : dpr.go.id.
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto : dpr.go.id.

KABARPARLEMEN.com, Jakarta – Menanggapi adanya isu intruksi Presiden Joko Widodo yang akan memotong anggaran, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan, tindakan Presiden tersebut berpotensi melanggar hukum. Karena pemotongan dan penambahan anggaran pemerintah itu harus lewat persetujuan DPR dan aturan UU yang disahkan DPR.

“Nggak boleh dong seenaknya dilakukan pemotongan angggaran melalui Inpres. Itu salah. Nanti Presiden bisa digugat. Pemotongan anggaran itu hak DPR, kuasa pembuat UU itu adalah DPR UU, APBN atau UU terkait dengan budged itu ketat memang harus melalui UU,” ujar Fahri di DPR, Selasa (06/09/2016).

Menurutnya, terbitnya Inpres ini rawan gugatan dan menciptakan ketidakpastian hukum. Dia pun menyayangkan sikap Presiden ini karena akan menimbulkan preseden buruk di kemudian hari.

“Jadi terus terang saya menyayangkan sekali keputusan Presiden, ngatur-ngatur anggaran pake Inpres kayak gitu, bahaya sekali. Ini Presiden yang buruk bagi kita,” tegas dia.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penghematan Anggaran Kementerian dan Lembaga per tanggal 26 Agustus 2016 tersebut. Ada 83 kementerian/lembaga yang diminta menghemat anggaran. Total dari penggematan anggaran itu mencapai Rp64 Triliun. Namun, DPR, DPD dan DPRD tidak diminta melakukan penghematan. (jay/den)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *