Home / DPR / Komisi I setujui Budi Gunawan jadi KaBIN, gantikan Sotiyoso
Sukamta anggota Komisi I DPR FPKS
Sukamta anggota Komisi I DPR FPKS

Komisi I setujui Budi Gunawan jadi KaBIN, gantikan Sotiyoso

Sukamta anggota Komisi I DPR FPKS
Sukamta anggota Komisi I DPR FPKS

KABARPARLEMEN.com, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai visi optimalisasi peran dan peningkatan kinerja BIN yang dipaparkan oleh calon tunggal Kepala BIN Budi Gunawan, sangat bagus dan tepat. Oleh karena itu, Sukamta berharap visi tersebut dapat dilaksanakan sepenuhnya sepanjang periode kepemimpinan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

“Kami menerima dan mendukung pencalonan Pak Budi Gunawan karena visi dan misinya bagus, menjawab semua kekhawatiran anggota Komisi I. Kami mengharapkan semua visi dan misi tersebut bisa dilaksanakan dengan sepenuhnya,” jelas Sukamta pasca pelaksanaan fit and proper test Komisi I terhadap Budi Gunawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Diketahui, hari ini, Budi Gunawan memaparkan visi dan misinya di hadapan para anggota Komisi I DPR RI. Adapun mengenai visi Budi Gunawan adalah optimalisasi peran dan peningkatan kinerja BIN dalam melakukan upaya tindakan untuk deteksi dini, dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan terhadap ancaman yang mungkin timbul dan mengancam keamanan nasional.

“Optimalisasi kemampuan berarti perlu meningkatkan kapasitas personel, teknologi, sistem manajemen, Standard Operational Procedure (SOP), dan juga budaya organisasi,” jelas Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini.

Sukamta menambahkan seorang Kepala BIN haruslah memiliki kemampuan yang sangat cakap. Oleh karena, inti dari kegiatan intelijen adalah kecerdasan untuk mencari dan mengolah informasi sebagai masukan dan pengambilan kebijakan presiden. Terlebih lagi, tambah Sukamta, tantangan Indonesia ke depan cukup menantang.

“Dari segi pertahanan dan keamanan, misalnya seperti potensi konflik laut Tiongkok Selatan, potensi kejahatan trans nasional, potensi ancaman terorisme, tantangan perang cyber. Perpolitikan Indonesia juga sangat dinamis dengan adanya konsolidasi demokrasi dalam rangka mencari bentuk pemerintahan yang ideal. Sementara di bidang sosial, adanya bonus demografi harus dikelola dengan baik, jika tidak akan menimbulkan konflik sosial,” jelas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Yogyakarta ini.

Sukamta menambahkan tantangan sebagai Kepala BIN, secara struktural, juga akan semakin berat. Oleh karena, harus melaksanakan fungsi koordinasi intelijen negara dengan TNI, Polri, kejaksaan dan kementerian atau lembaga pemerintah dan non kementerian.

“Optimalisasi BIN bisa menjadi solusi tepat yang dapat menjawab tantangan-tantangan tadi. Karenanya visi dan misi Pak Budi Gunawan yang diantaranya optimalisasi BIN, dapat memenuhi dan mengatasi kebutuhan zaman yang terus berubah ini,” tegas Sukamta.(jay)

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *