Home / DPR / Setnov bersyukur MK kabulkan gugatannya
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Setnov bersyukur MK kabulkan gugatannya

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

KABARPARLEMEN.com, Jakarta – Ketua Umum Golkar Setya Novanto menyambut baik atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatannya, soal rekaman tidak bisa dijadikan alat bukti.

Atas dimenangkan gugatannya ini, Setnov pun menyampaikan rasa syukurnya pada Tuhan. Karena dengan keputusan ini, perkara yang dituduhkannya dalam kasus saham Freeport dengan dasar remakan percakapan, tidak bisa di benarkan.

” Saya mengucapkan Syukur Alhamdulillah, gugatan tersebut dikabulkan oleh MK dan keputusan MK tersebut bersifat mengikat atau final and binding,” ujar Setnov di sela-sela penyaluran hewan kurban atas nama partai Golkar, di Jakarta , Kamis (8/9).

Setnov pun mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan saya tentang Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) tersebut.

” Uji materi UU ITE menyangkut Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 44 huruf b. Kedua pasal itu mengatur ketentuan informasi dan atau dokumen elektronik berikut hasil cetaknya sebagai alat bukti hukum yang sah dan ketentuannya yang bisa dijadikan alat bukti penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan penegak hukum,” tegasnya.

Adapun UU Tipikor, setnov pun mengajukan uji materi Pasal 26A yang mengatur ketentuan alat bukti yang sah sebagaimana dimaksud Pasal 188 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana.

MK menyatakan, informasi elektronik sebagaimana diatur UU ITE dan UU Tipikor tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Atas hal ini, MK pun menyatakan tidak semua pihak dapat melakukan penyadapan. Adapun penyadapan boleh dilakukan jika ada perintah dari penegak hukum.

” Sehingga dalam kasus saya penyadapan itu bukan barang bukti yang sah, karena direkam tanpa sepengetahuan saya apalagi penegak hukum,” tegasnya.

Menurut MK, kata Setnov, bukti rekaman dalam kasusnya itu gugur dengan sendirinya. Sebab, rekaman itu dinilai tidak memenuhi unsur dan direkam tidak atas permintaan penegak hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE.

” Saya pribadi dan keluarga sudah ikhlas dan lapang dada menerima kasus rekaman dan melepas posisi atau jabatan saya sebagai Ketua DPR RI. Saya yakin Allah SWT mempunyai rencana lain untuk saya, sehingga saya dan keluarga tetap menjalani kehidupan seperti biasanya,” tegasnya.

Kedepannya, tambah Setnov, ia berharap hal ini cukup terjadi padanya saja.

” Tidak semua manusia itu sempurna, tetapi saya akan terus mencoba menjadi pribadi yang lebih baik lagi, senantiasa ikhlas dan bekerja keras, untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa, Negara dan Rakyat Indonesia disisa hidup saya,” tegasnya.

Kata Setnov, sekarang ini dirinya akan semakin fokus menjalankan amanah yang diberikan kepada, sebagai Wakil Rakyat di Parlemen dan sebagai Ketua Umum Partai Golkar, bekerja untuk rakyat bersama pemerintah, untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

” Mesin Partai Golkar saat ini sedang berputar sangat kencang, sehingga mampu mengakselerasi program-program Partai yang pro rakyat, sejalan dengan program kerja pemerintah dan Nawa Cita Presiden Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan Rakyat dan kemajuan Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sebagai salah satu anak Bangsa, kata Setnov, pihaknya akan fokus dan berusaha sekuat dan semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi Rakyat Indonesia, membesarkan partai bersama seluruh kader dan mendukung serta mensukseskan Pemerintahan Jokowi.

” Karena saya yakin Jokowi yang terbaik sebagai pemimpin Bangsa Indonesia,” pungkasnya.(Jay)

About admin

Check Also

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini membuka  Seminar Internasional Tentang Politik Islam Dunia di UIN Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten ,   Selasa (21/11).

Ketua FPKS bicara Politik Islam Dunia di UIN SMH Banten

KABAR PARLEMEN.com, Serang – Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, didaulat untuk menjadi Keynote …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *