Home / DPD / Irman ditetapkan tersangka, Pimpinan DPD diambil alih dua wakil ketua
Prof. DR. Farouk Muhammad, Wakil Ketua DPD RI. Foto : Seputarnusantara.com
Prof. DR. Farouk Muhammad, Wakil Ketua DPD RI. Foto : Seputarnusantara.com

Irman ditetapkan tersangka, Pimpinan DPD diambil alih dua wakil ketua

Prof. DR. Farouk Muhammad, Wakil Ketua DPD RI. Foto : Seputarnusantara.com
Prof. DR. Farouk Muhammad, Wakil Ketua DPD RI. Foto : Seputarnusantara.com

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Pasca Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman ditetapkan tersangka kasus suap, pimpinan DPD akan diambil alih dua wakil ketua.

“Karena masih berkabung. Untuk sementara ini DPD dipimpin oleh dua wakil, yakni saya dan Bu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas,” kata Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad saat menggelar konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Bagi Farouk, ditangkapnya Irman Gusman oleh KPK merupakan pukulan berat bagi DPD. “Apalagi, ini pertama kalinya ada anggota DPD yang berstus tersangka kasus korupsi,”ujarnya.

Namun hal tersebut tak akan menganggu kinerja DPD, menurut Farouk, DPD tetap akan menjalani aturan yang berlaku terkait adanya anggota yang tertangkap karena korupsi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD, tepatnya pada pasal 303 ayat 3, anggota DPD yang terbukti melakukan korupsi melalui putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap akan diberhentikan keanggotaannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Irman Gusman terseret kasus suap kuota gula impor, setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinasnya di Jalan Denpasar, Jakarta dini hari (17/9/2016) bersama dua orang adalah XSS, Direktur Utama CV SW, dan istrinya yang berinisial MMI, mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

Pada OTT tersebut, KPK berhasil mengamankan uang sebesar Rp 100 juta sebagai barang bukti. KPK juga mengamankan WS, yang merupakan adik XSS.

About admin

Check Also

Wakil Ketua MPR RI FG Mahyudin saat hadiri acara  Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) DKI Jakarta, di aula Ponpes Yatim As Syafi'iyah, Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (21/10).

Mahyudin: Pemahaman Pancasila Bendung Paham Radikal

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengatakan, bahwa saat ini banyak sekali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *