Home / DPR / Deding: Evalusi penyelengaraan haji, 2017 harus lebih baik
Deding Ishak Ibnu Sudja Wakil Ketua Komisi VIII DPR FG
Deding Ishak Ibnu Sudja Wakil Ketua Komisi VIII DPR FG

Deding: Evalusi penyelengaraan haji, 2017 harus lebih baik

Deding Ishak Ibnu Sudja Wakil Ketua Komisi VIII DPR FG
Deding Ishak Ibnu Sudja Wakil Ketua Komisi VIII DPR FG

KABARPARLEMEN.com, Jakarta – Komisi VIII DPR mengapreasiasi atas pelaksaan penyelenggaraan haji pada tahun 2016 ini, berjalan cukup baik dan lancar. Meski harus di akui, masih terdapat sejumlah masalah yang muncul dan terjadi.

” Kalau secara umum ya berjalan lancar dan aman. Dan tentunya, ini patut di apresiasi. Meski tetap ada muncul masalah dan persoalan, dalam pelaksanaanya,” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar Deding Ishak Ibnu Sudja di kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Masalah yang menjadi catatan dan sorotan, dalam pelaksaan penyelenggaraan haji tahun ini, kata Deding, adanya calon haji yang gagal berangkat, kerena menggunakan paspor dan lewat negara Philipina. Sehingga masalah ini banyak menyodot perhatian publik luas.

” Oleh karenyanya, tahun depan kasus seperti ini tidak boleh terulang kembali. Yaitu adanya calon jamaah haji asal Indonesia yang gagal berangkat. Karena menggunakan paspor negara lain. Mereke ditipu oleh biro perjalan haji, ” tegasnya.

Lebin lanjut Deding mengatakan, DPR akan memperjuangkan agar penyelenggaraan ibadah haji itu memenuhi ketentuan syariat dilaksanakan, dilayani dengan aman, nyaman, sehingga memberikan kemakbruran bagi calon jamaah haji.

“Oleh karenanya Pemerintah harus memperhatikan kondisi umat islam yang demikian tinggi dan besar untuk melaksanakan haji itu. Maka kita akan terus memperjuangkan , mendesak pemerintah agar melakukan memantapkan kerjasama dan hubungan dengan pemerintah arab saudi, agar menambah kuota haji Indonesia,” tegasnya.

Caranya, kata Deding, melalui diplomasi parlemen dan mendorong juga pemerintah dinegara yang dapat kuota , tetapi kuotanya tidak terserap maksimal, seperti negara Timur Leste, Philipina, Kamboja dan Vietnam, agar bisa dimanfaatkan untuk menambah kuota bagi calon jamaah haji indonesia.

“Oleh karenanya kita menginginkan, agar adanya peningkatan diplomasi, dari pemerintah indonesia khususnya kemeneterian agama dan kementeria luar negeri, terkait peningkatan jumlah kuota jamaah haji indonesia.Sehingga kita harapkan kedepan ini , bukan hanya 210 ribu calhaj, tetapi lebih dari itu jumlahnya,” tegasnya.(jay)

About admin

Check Also

Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini

HUT RI ke 72, FPKS gelar pidato ala Bung Karno

KABAR PARLEMEN.COM, Jakarta  – Masih dalam rangkaian sematak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *