Home / MPR / Masalah kebhinekaan sudah selesai
yaqut

Masalah kebhinekaan sudah selesai

yaqutJAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, masalah kebhinnekaan sudah selesai. Dia menyontohkan Pesantren Raudhotut Tholibin Rembang, Jawa Tengah, sejak dulu temboknya dempet dengan rumah pastor. Tapi, ketika pastor itu meninggal, yang mengurus kematian sampai penguburannya adalah kiai dan santri.

“Jadi, kebhinekaan ini tidak masalah dengan NU. Sehingga yang tidak menghargai kebhinekaan berarti bukan NU,” kata Gus Yaqut dalam dialog Empat Pilar Kebangsaan di Kompleks Parlemenn, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Rachmat Bagdja sependapat dengan Gus Yaqut. Menurut Bagdja masalah kebhinekaan sudah selesai karena founding fathers dulu dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia telah memberikan contoh yang baik.

“Soal Piagam Jakarta mejadi catatan sejarah umat Islam yang mengalah dan toleran dengan umat lain demi negara dan bangsa ini,” kata Bagja.

Dalam perkembangan selanjutnya, kata Bagja, kelompok kanan (mendirikan partai Islam), tengah mendirikan Golkar, dan kelompok kiri mendirikan PDI. “Ketiga kelompok itu sama-sama sebagai pendiri bangsa dan negara ini,” ujarnya. (Yayat/MJ)

About admin

Check Also

Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima pemberian Gelar Adat Pangeran Kerta Jaya Alam Nata dari warga Lubuklinggau Sumatera Selatan.

Zulkifli Hasan digelari Pangeran Pengemban Amanat

KABAR PARLEMEN.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima pemberian Gelar Adat Pangeran Kerta Jaya Alam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *