Home / DPR / MKD berhentikan Akom dari ketua DPR
Ketua DPR RI Ade Komarudin
Ketua DPR RI Ade Komarudin

MKD berhentikan Akom dari ketua DPR

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menjatuhkan sanksi berupa pemberhentian kepada Ade Komaruddin (Akom) sebagai Ketua DPR.

Pertama, kata Ketua MKD DPR Sufmi Dasco Ahmad, Akom dijatuhkan sanksi ringan berupa teguran terkait laporan atas persetujuan rapat kerja sejumlah perusahaan BUMN terkait penyertaan modal negara (PMN) sebagai mitra kerja Komisi VI DPR dengan Komisi XI DPR.

“Hasil rapat di MKD tadi putuskan bahwa dalam kasus ini, terdapat pelanggaran ringan. Sehingga (Akom) diberi sanksi berupa peringatan tertulis. Dan menetapkan mitra kerja komisi 11 dikembalikan, termasuk pembahasan PMN. Berlaku sejak hari ini,” ujar Sufmi Dasco Ahmad, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/11).

Dalam kasus lain, kata Dasco, Akom juga dikenakan sanksi sedang hingga pemberhentian sebagai Ketua DPR. Hal itu soal laporan empat orang anggota Baleg karena diduga melanggar kode etik dewan dengan mengulur waktu dalam pembahasan RUU Pertembakauan.

“Terhadap Akom, MKD putuskan terdapat pelanggaran etik DPR kriteria sedang sehingga diputuskan sejak Rabu ini yang bersangkutan Akom dari Fraksi Golkar dinyatakan berhenti dari jabatan Ketua DPR,” tegas Dasco.

Diketahui, sebelumnya Akom dilaporkan dua kasus sekaligus ke MKD DPR. Pertama, Akom dilaporkan karena menandatangani surat undangan rapat PMN dari Komisi XI DPR untuk mengundang beberapa perusahaan BUMN sebagai mitra kerja Komisi VI DPR.

Selain itu, Akom juga dilaporkan oleh empat orang anggota Baleg karena diduga melanggar kode etik dewan dengan mengulur waktu dalam pembahasan RUU Pertembakauan.

Rencananya, DPR akan menggelar paripurna terkait pergantian Ketua DPR Akom sekaligus pengangkatan Setnov sebagai Ketua DPR. Paripurna DPR dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

About admin

Check Also

Kaukus DPR RI Untuk Palestina Mengecam Kekerasan dan Penutupan Masjid Al Aqso

Blokade Al Aqso, Kaukus DPR RI kecam Israel

Jakarta – Kaukus DPR RI untuk Palestina mengutuk tindakan kekerasan terhadap Al Aqso dan penutupan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *