Home / FRAKSI / Fraksi PKS / Sutriyono: Toleransi jadi kunci keutuhan NKRI
Anggota MPR RI FPKS  Sutriyono
Anggota MPR RI FPKS Sutriyono

Sutriyono: Toleransi jadi kunci keutuhan NKRI

Anggota MPR RI FPKS  Sutriyono
Anggota MPR RI FPKS Sutriyono

KABAR PARLEMEN.com, Pati – Merawat Indonesia sebagai sebuah bangsa dengan tingkat keberagaman yang tinggi bukanlah perkara mudah. Kuncinya, memelihara kerukunan dan toleransi di dalam masyarakat.

Hal itu dikatakan anggota FPKS MPR RI Sutriyono saat Sosialisasi Empat Pilar di Pati, Jawa Tengah, Senin (28/11/2016) malam.

Sosialisasi Empat Pilar yakni Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan agenda wajib yang harus dilakukan setiap anggota MPR RI di daerah pemilihan masing-masing.

Sutriyono mengatakan, dengan keberagaman yang cukup tinggi dalam masyarakat Indonesia, tingkat kerawanan konflik horizontal hingga disintegrasi sosial juga cukup besar. Karena itu menurutnya, tidak ada jalan lain mempertahankan keutuhan NKRI selain melalui toleransi dan saling tenggang rasa.

Lebih lanjut dia menambahkan, sejarah bangsa ini sudah teruji dengan berbagai ujian disintegrasi. Namun berhasil dilalui karena para pemimpin bangsa mengedepankan semangat persatuan dan toleransi. Dia mencontohkan sejarah paling otentik pembuatan Piagam Jakarta yang kemudian diadopsi ke dalam Pancasila.

Namun demikian Sutriyono menegaskan, semangat toleransi jangan hanya dituntutkan negara kepada masyarakat. Para elite pemerintahan, lanjutnya, juga harus memberikan keteladanan dalam toleransi. Dia mencontohkan, salah satunya berbicara santun dan menghormati ajaran agama lain.

“Pemimpin jangan selalu menuntut rakyatnya toleransi. Tapi mereka harus contohkan. Jangan selalu berbicara kebhinnekaan, tapi menista agama lain dan berbicara tidak pakai adat timur,” cetusnya.

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *