Home / DPD / DPD RI dorong percepatan perizinan Kapal Perikanan di Daerah
Kepala PPN Sibolga  Rustardi A.Pi,M.Si, Direktur Pengendalian dan Penangkapan Ikan (PPI) Ir. Saifuddin M.M.A, mDirekrur Kapal dan Alat Penangkap Ikan (KAPI) Minhadi Noer Sjamsu ST, M.E, dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH,MM bersama pemilik kapal perikanan saat penyerahan dokumen kapal perikanan di PPN Sibolga.
Kepala PPN Sibolga Rustardi A.Pi,M.Si, Direktur Pengendalian dan Penangkapan Ikan (PPI) Ir. Saifuddin M.M.A, mDirekrur Kapal dan Alat Penangkap Ikan (KAPI) Minhadi Noer Sjamsu ST, M.E, dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH,MM bersama pemilik kapal perikanan saat penyerahan dokumen kapal perikanan di PPN Sibolga.

DPD RI dorong percepatan perizinan Kapal Perikanan di Daerah

KABAR PARLEMEN.com, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) membuka gerai perizinan kapal perikanan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga. Kegiatan Gerai Perizinan Kapal Perikanan ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 6 Februari hingga 10 Februari 2017 mendatang.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH, MM yang mengusulkan kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan DPD dalam rangka mendorong optimalisasi potensi sektor kelautan dan perikanan nasional di daerah.

“Kegiatan Gerai Perizinan Kapal Perikanan ini merupakan upaya DPD dalam mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan potensi sektor kelautan dan perikanan nasional di daerah,”kata Parlindungan Purba saat pembukaan gerai tersebut di Sibolga (6/2).

Menurut Parlindungan kontribusi sektor kelautan Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga. Untuk itu perlu optimalisasi, diantaranya dengan cara melakukan kemudahan dalam hal administrasi perizinan. Selain itu kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu para nelayan dalam mengurus izin agar lebih efisien, sehingga para nelayan tidak perlu repot mengurus perizinan di Jakarta.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi sektor kelautan dan perikanan nasional serta dapat membantu para nelayan kita dalam mengurus perizinan, sehingga mereka tidak perlu repot lagi mengurus perizinan ke Jakarta, mereka cukup mengurusnya di PPN Sibolga,”tuturnya.

Lebih lanjut Parlindungan mengatakan bahwa gerai perizinan kapal perikanan ini akan dilaksanakan di seluruh pelabuhan daerah yang ada di Indonesia. Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan gerai perizinan kapal perikanan dengan sebaik-baiknya, karena semua kapal perikanan harus didaftar.

“Kegiatan ini tidak hanya akan dilakukan di Sibolga dan Tapteng ini saja, tapi akan kita lakukan di seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia. Untuk itu saya harap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan ini diharapkan semua kapal perikanan dapat didaftarkan, sehingga tidak ada lagi nanti kapal-kapal perikanan yang ukurannya berbeda dengan dokumenya,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala PPN Sibolga Rustardi A.Pi, M.Si mengatakan masyarakat sangat antusias dan menyambut positif kegiatan ini, terlihat dengan banyaknya masyarakat yang ingin melakukan pengurusan perizinan kapal perikanan.

“Kalau semua persyaratannya lengkap, maka pengurusannya akan lebih cepat. Gerai ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, misalnya bila banyak masyarakat yang antusias dalam melakukan pengurusan izin maka akan kita coba lagi untuk membuka gerai,”katanya.

Ronal yang mewakili pengusaha perikanan Sibolga menyambut baik dengan adanya gerai perizinan kapal perikanan tersebut. Dirinya berharap kegiatan tersebut tidak hanya terjadi secara insidental tetapi menjadi kegiatan rutin yang digelar Kementerian KKP.
“Kami senang dengan adanya gerai perizinan ini, saya harap kegiatan ini terus berlanjut, jangan seperti barang langka, kalau boleh dilakukan misalnya dibuat setahun 4 kali,“ harapnya.

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *