Home / DPR / Kerusahan Lapas Jambi, Aboe Bakar desak tindak tegas pelakunya
Aboe Bakar Al HAbsyi Anggota Komisi III DPR RI FPKS
Aboe Bakar Al HAbsyi Anggota Komisi III DPR RI FPKS

Kerusahan Lapas Jambi, Aboe Bakar desak tindak tegas pelakunya

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Kericuhan telah terjadi di Lapas Klas II A Jambi, Rabu (1/3/2017) sekitar pukul 21.00 WIB. Narapidana melakukan pembakaran salah satu ruangan di dalam lembaga pemasyarakatan itu. Ratusan personel Kepolisian dari Polda dan jajaran serta anggota TNI diturunkan untuk berjaga.

Anggota Komisi III DPR RI FPKS Aboe Bakar Alhabsyi sangat menyesalkan terjadinya insiden di Lapas Jambi tersebut dan sebenarnya tidak perlu terjadi. Sebab, segala setuatunya semestinya dapat dicegah dan di antisipasi oleh petugas Lapas.

” Terbakarnya lapas saya dengar sebagai akibat protes warga binaan dengan rencana razia narkoba. Mereka menolak di razia setelah tim BNN datang ke lokasi,” ujar ABoe Bakar dalam pesan singkatnya, Kamis (02/02/2017)

Sikap seperti ini, kata Aboe Bakar, tidak dapat dibenarkan, karena semua warga binaan harus menghargai aturan main yang berlaku. Warga binaan dalam lapas tidak berarti kebal hukum dan tidak bisa di razia.

” Yang diluar saja biasa di razia, karenanya sangat masuk akal bila dilakukan razia dalam lapas untuk menjaga ketertiban,” tegasnya.

Sehingga, perlawanan seperti ini tidak dapat di tolelir dan seharusnya kalapas telah menyiapkan segala kemungkinan yang ada. Kalapas seharusnya bisa mengendalikan situasi, sehingga tidak terjadi hal demikian.

” Saya sangat menyadari keterbatasan tenaga di lapas, karenanya kalapas dan sipir memang harus bisa mengelola manajemen konflik dalam lapas secara baik. Tidak bisa situasi dalam lapas dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa kendali, mereka harus tumbuh dalam kendali aturan,” tegasnya.

Karena itu, kata Aboe Bakar, Komisi III DPR minta Dirjen PAS mengevaluasi hal ini, agar sistem pengamanan dalam lapas semakin baik. Terhadap napiyang melarikan diri dan membuat kerusakan juga harus menadapatkan hukuman yang serupa

” Saya ingatkan juga kepada para kalapas lainnya, jangan mundur untuk memberantas narkoba di Lapas. Apapun konsekuensinya yang dilakukan adalah dalam upaya memberantas narkoba di lapas. Karena selama ini lapas kerap dituding menjadi sarang narkoba. Karenanya saya dukung 100 persen setiap langkah kalapas dalam membersihkan institusinya,” tegasnya.(jay)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *