Home / DPR / PAN: Komisioner KPU dan Bawaslu terpilih, pilihan terbaik
Sekretaris FPAN DPR RI Yandri Susanto
Sekretaris FPAN DPR RI Yandri Susanto

PAN: Komisioner KPU dan Bawaslu terpilih, pilihan terbaik

KABAR PARLEMEN.com, Jakara – Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto merasa gembira, dengan kinerja Komisi II DPR , merampungkan proses seleksi komisioner KPU dan BAwaslu , dengan menghasil memilih 7 komisioner KPU dan 5 komisioner Bawaslu periode 2017-2022. Komisioner baru kedua lembaga tersebut, diyakini akan melaksanakan tugasnya dengan baik.

” Proses untuk memilih komisioner dua lembaga itu bukanlah hal mudah. Namun, toch akhirnya bisa terselesaikan melalui proses komunikasi lintas fraksi di DPR. Sehingga Fraksi PAN ‎mengapresiasi dan bersyukur telah menghasilkan KPU dan Bawaslu,” ujar Yandri, di ruang Fraksi PAN DPR RI di Nusantara I Kompleks Parlemen RI, Rabu (5/4).

Yandri pun mengaku yakin, jika komisioner terpilih ini merupakan hal yang terbaik dari yang terbaik. Sehingga para komisioner KPU dan Bawaslu yang terpilih ini, mereka bisa mengemban amanah. Terlebih, dua dari tujuh anggota KPU terpilih adalah komisioner di periode 2012-2017. Yakni Arief Budiman dan Hasyim Asyari. Sehingga telah memiliki pengalaman dalam menjalankan tugas nantinya, dalam mempersiapkan Pemeli serentak pada 2019 mendatang.

” Dengan masuknya dua anggota KPU yang lalu itu, bisa terjadi karena para anggota Komisi II merasa harus ada kesinambungan antara komisioner lama dan yang baru. “Ini demi kesinambungan,” imbuhnya.

Adapun lima nama komisioner Bawaslu terpilih adalah Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, ‎Rahmat Bagja, ‎Abhan, dan ‎Fritz Edward Siregar.

Sedangkan komisioner KPU terpilih adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, dan Arief Budiman.

Komisi II memilih mereka setelah sebelumnya melalui proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), dan diakhiri dengan voting oleh masing-masing anggota.

Yandri juga menilai, pemilihan berlangsung dinamis. Komunikasi antar partai menurutnya berjalan sangat baik walaupun terkendala skors dan perdebatan.

“Dinamikanya cukup dinamis, terutama komunikasi lintas fraksi berjalan cukup baik, meskipun ada perdebatan di sana sini termasuk sebelum penentuan, ada skors 1 jam meskipun tidak menemukan musyawarah mufakat,” ujar Yandri.

Pada akhirnya, kata Yandri, semua fraksi menyetujui tanpa komplain terkait tujuh nama yang terpilih sebagai komisioner KPU dan lima nama yang terpilih sebagai komisioner Bawaslu.

“Semua fraksi menyetujui itu, tidak ada komplain bahkan setelah hasilnya diumumkan,” jelasnya.(jw)

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *