Home / DPRD / Jelang Ramadhan, Pemkot awasi peredaran pangan Depok
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat melakukan sidak pangan  di Kota Depok
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat melakukan sidak pangan di Kota Depok

Jelang Ramadhan, Pemkot awasi peredaran pangan Depok

KABAR PARLEMEN.com, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memperketat pengawasan kualitas pangan ke sejumlah sarana distribusi pangan di Kota Depok jelang Ramadhan. Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati Sulistijanigrum Sanjoto mengatakan, peredaran makanan dan minuman di sejumlah toko dan swalayan di Kota Depok mulai meningkat sebelum Ramadhan.

Ernawati menjelaskan, pengawasan akan dilakukan pada makanan kemasan baik yang menggunakan plastik maupun kaleng. Pengawasan ini agar makanan yang dijual ke konsumen sesuai dengan ketentuan syarat yang ada.

“Akan kami lakukan pengawasan, selanjutnya pembinaan di delapan lokasi sarana distribusi pangan di Kota Depok,” tuturnya, Selasa (23/05/2017).

Erna menyebut, lokasi yang akan menjadi tujuan pengawasan antara lain, minimarket, pasar swalayan, pasar tradisional, maupun beberapa retail. Makanan kemasan yang akan dilakukan pengawasan dilihat dari beberapa aspek meliputi izin edar yang harus sesuai dengan aturan, masa kedaluwarsa makanan, label halal, serta kandungan yang terdapat pada makanan.

Selain itu, juga kemasannya, jika menggunakan kaleng, kerusakan pada kaleng harus dihindari karena tidak aman dan dikhawatirkan kandungan makanannya sudah berubah serta zat kimia yang terkandung telah terurai.

Jika ditemukan kasus semacam itu, pihak Dinkes Kota Depok akan memberikan surat peringatan untuk menarik makanan yang terlanjur didistribusikan. Dengan begitu, masyarakat selaku konsumen terlindungi dari makanan berbahaya tersebut.

“Tahap awal akan kami berikan peringatan untuk tidak mengedarkan makanan tersebut, karena akan berbahaya bagi mereka yang mengonsumsi,” tutup Ernawati.

Wali Kota Depok Mohammad Idris pun menginginkan, agar masyarakat sebagai konsumen mendapatkan perlindungan kala memakai sebuah produk. Terlebih, belanja rumah tangga cenderung meningkat saat Ramadhan. Selain itu, Idris juga meminta pelaku usaha makanan saat Ramadhan bisa mengindahkan peraturan dan menjaga kualitas produk.

“Saya yakin dengan produk yang memenuhi standar justru akan banyak dicari konsumen sebab memenuhi keamaan pangan dan terjaga kualitasnya,” imbaunya.

About admin

Check Also

Pakar IT ITB Hermansyah

Penyerangan Pakar Telematika Hermansyah, Ketua MPR : Hukum Harus Tegak

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengutuk tindakan penyerangan terhadap Hermansyah, Pakar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *