Home / DPR / Inilah anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang lolos seleksi di DPR

Inilah anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang lolos seleksi di DPR

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Komisi VIII DPR RI telah merampungkan proses pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 9 (sembilan) nama sebagai anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia. DPR berharap, sembilan nama yang terpilih dan ditetapkan dapat disetujui oleh Rapat Paripurna DPR RI dan selanjutnya diproses oleh Pimpinan DPR RI untuk disampaikan kepada Presiden RI.

” Komisi VIII DPR RI telah merampungkan seleksi calon anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang memiliki kompetensi, integritas serta komitmen yang kuat bekerja keras dan bersungguh sungguh dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan perlidungan dan pemenuhan Hak Anak di Indonesia. Melalui musyawarah untuk mufakat Komisi VIII DPR RI telah memilih dan menetapkan 9 (sembilan) orang Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia periode 2017-2022 pada tanggal 7 Juni 2017,” ujar Ketua Komisi VIII DPR RI dari F-PAN Ali Taher Parasong, Rabu (7/6).

Ali Taher menjelaskan, sebagaimana dituangkan pada Pasal 76 Undang-Undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, bahwa Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memiliki tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan Hak Anak, memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan, pengumpulan data dan informasi mengenai Perlindungan Anak, menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan Masyarakat mengenai pelanggaran Hak Anak, melakukan mediasi atas sengketa pelanggaran Hak Anak, melakukan kerja sama dengan lembaga yang dibentuk Masyarakat di bidang Perlindungan Anak, dan memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap perlindungan anak.

” Dengan berakhirnya periode keanggotaan Komisoner KPAI periode 2012-2017 maka Undang-Undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak, Pasal 75 Ayat (3) mengamanatkan Komisi VIII DPR RI untuk menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 18 (delapan belas) orang Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia periode 2017-2022 ,” ujarnya.

Adapun dasar seleksi ini, kata Ali Taher, mengacu pada surat Presiden RI Nomor R-15/Pres/02/2017 tertanggal 7 Maret 2017 yang ditujukan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Perihal Penyampaian Nama-nama Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Dan Surat Pimpinan DPR RI Nomor PW/04919/DPR RI/III/2017 tertanggal 22 Maret 2017 kepada Komisi VIII DPR RI Perihal Penugasan untuk Membahas Calon Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

” Dimana Komisi VIII DPR RI dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengedepankan prinsip meritokrasi yang dimulai tanggal 5-7 Juni 2017,” tegasnya.

Kesembilan calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang lolos seleksi tersebut adalah:

1 Ai Maryati Sholihah Pemerintah
2 Jasra Putra, S.Fil, M.Pd. Masyarakat Peduli Anak
3 Rita Pranawati, MA. Ormas
4 Dr. (cand) Sitti Hikmawatty, S.ST, M.Pd Dunia Usaha
5 Putu Elvina, S.Psi, MM. Masyarakat Peduli Anak
6 Dr. Susanto, MA. Tokoh Agama
7 Retno Listriarti, M.Si. Pemerintah
8 Susianah, M.Si. Tokoh Masyarakat
9 Margaret Aliyatul Maimunah, SS, M.Si Ormas

About admin

Check Also

Dimyati: Perlu regulasi tegas agar masyarakat mendapat akses keadilan 

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta-Semua orang sama di depan hukum dan berhak atas perlindungan hukum yang sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *