Home / DPR / Meutya Hafid: Kriminalitas Semakin nyata, Polri harus Bertindak Lebih Tegas
Wakil Ketua Komisi I DPR RI FG Meutya Hafid
Wakil Ketua Komisi I DPR RI FG Meutya Hafid

Meutya Hafid: Kriminalitas Semakin nyata, Polri harus Bertindak Lebih Tegas

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Hafid, meminta kepada Polri untuk bertindak lebih tegas terhadap berbagai tindak kejahatan yang semakin terang-terangan seperti penembakan dan perampokan yang terjadi di Jl. Raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. “Saya meminta kepada Kapolri dan Kapolda seluruh Indonesia untuk bertindak lebih tegas terhadap kejahatan yang semakin terang-terangan saat ini. Perampokan dan pembunuhan yang terjadi di SPBU Daan Mogot merupakan salah satu contoh kejahatan tersebut.”

Menurut mantan wartawan ini, salah satu penyebab kejahatan yang semakin terang-terangan adalah banyaknya senjata ilegal yang beredar di tengah masyarakat. “Saya khawatir kriminalitas yang semakin terang-terangan disebabkan peredaran senjata api ilegal yang beredar di tengah masyarakat. Polri harus melarang seluruh penggunaan senjata api ilegal dan menindak tegas masyarakat yang memiliki senjata api ilegal. Keberadaan senjata api yang dimiliki oleh individu justru akan mengancam keamanan masyarakat. Jika warga masyarakat memiliki senjata api, berarti masyarakat belum percaya aparat keamanan dapat melindungi diri mereka,” sebut Meutya.

“Aturan yang memperbolehkan penguasaan senjata api oleh sipil telah diatur melalui UU No. 8 Tahun 1948 tentang Pendaftaran dan Pemberian Pemakaian Senjata Api, dan UU Darurat No. 12 Tahun 1951. Aturan ini sudah lama dan konteks saat itu mungkin diperlukan, namun konteks saat ini tidak perlu lagi,” sebut Ketua Bidang Luar Negeri DPP Partai Golkar ini.

“Selain perubahan aturan pelarangan kepemilkan senjata, konsekuensi dari perubahan ini adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia dan profesionalitas anggota kepolisian. Pelarangan ini juga akan memudahkan pengontrolan terhadap penggunaan senjata api,” ujar Meutya mengakhiri.

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *