Home / FRAKSI / Fraksi Golkar / IIPG Hijaukan Masjid dengan Pohon Kurma
Deisti Novanto Ketua Umum IIPG mencanangkan penghijauan Pohon Kurma di Masjid
Deisti Novanto Ketua Umum IIPG mencanangkan penghijauan Pohon Kurma di Masjid

IIPG Hijaukan Masjid dengan Pohon Kurma

KABAR PARLEMEN.com Jakarta – ECO MASJID adalah program Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) yang telah digulirkan pada bulan Ramadhan tahun lalu. Bersamaan dengan program Gebyar Ramadhan 1438 H, IIPG kembali melanjutkan penanaman pohon kurma di sejumlah mesjid di Jabdetabek. Penanaman pohon kurma di bulan Ramadhan 1438 H ini, dimulai dari Masjid Al-Mujahidin yang berlokasi di Kampung Daun, Desa Sukamanah, Kecamtan Rajeg, Tangerang.

Deisti Novanto selaku Ketua Umum IIPG, dalam sambutannya menyampaikan kembali tujuan dilanjutkannya program EcoMasjid IIPG. Menurutnya, Masjid sebagai sarana ibadah umat muslim, adalah sarana yang tepat untuk mengkampanyekan program pelestarian lingkungan dan mengenalkan kurma sebagai salah satu sumber pangan dan energi alternatif di masa yang akan datang.

“Setidaknya ada dua poin yang hendak kita capai melalui Program EcoMasjid ini. Pertama, Bermula dari masjid sebagai sarana ibadah yang juga pusat aktivitas kaum muslimin, kami mengkampanyekan program pelestarian lingkungan hidup. Kedua, Mengenalkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat Muslim bahwa kurma yang di bulan Ramadhan ini menjadi makanan pilihan saat berbuka puasa, ternyata dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia. Selain itu kurma adalah sumber ketahanan pangan dan energi dunia di masa yang akan datang,” Papar Deisti.

Deisti juga menjelaskan bahwa program ini telah dijalankan IIPG sejak bulan Ramadhan tahun lalu, dengan wilayah penanaman di sejumlah masjid di wilayah jabodetabek.

“Tahun lalu, kami telah mencanangkan penanaman pohon kurma di 50 masjid di Jabodetabek. Dan kegiatan ini kami lanjutkan di mulai dari daerah Tangerang,” jelasnya.

Bulan Ramadhan sebagai bulan suci yang penuh keberkahan sengaja menjadi pilihan dalam menggiatkan kembali program Ecomasjid. Mengenai hal ini, Deisti menjelaskan bahwa selain berharap keberkahan bulan suci Ramadhan, buah kurma di bulan Ramadhan ini menjadi favorit makanan khususnya untuk berbuka puasa.

Deisti juga menjelaskan bahwa dalam Program EcoMasjid, IIPG bekerja sama dengan Komunitas kurma Indonesia, salah satunya adalah Pesantren Nusantara di Beiji – Depok yang telah memulai usaha pembibitan berbagai varietas kurma dan telah mengembangkan EcoPesantren.

Dalam kesempatan itu diserahterimakan 4 bibit Pohon kurma kepada DKM Mesjid Al-Mujahidin, Rajeg, Tangeramg, yang dilanjutkan dengan penanaman secara simbolik di pelataran Mesjid.

Penanaman pohon Kurma di Masjid Al-Mujahidin ini, dilakukan setelah pelaksanaan Baksos Gebyar Ramadhan IIPG dan Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) yang dipusatkan di Perumahan KCVRI DKI Jaya.

Di tempat ini IIPG dan IIFPG juga menyalurkan bantuan sembako, mukena dan sarung bagi para veteran perang yang tergabung dalam organisasi KCVRI.

“Insyaa Allah, dengan sinergi yang terjalin antara Ikatan Istri Partai Golkar, Komunitas Kurma Indonesia dan Masjid-masjid di Jabodetabek, kita akan menghadirkan masjid yang indah, hijau dan nyaman”, pungkas Deisti.(JW)

About admin

Check Also

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Nelayan Curhat Soal Cantrang, Ketua MPR : Negara Harus Hadir Berikan Solusi

KABAR PARLEMEN.com, Puluhan perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *