Home / DPR / Roem Kono minta Polri selidiki mafia garam
Wakil Ketua Komisi IV , Ketum MKGR Roem Kono saat menghadiri acara Halal bihalal di Jakarta Jumat (28/07/2017)
Wakil Ketua Komisi IV , Ketum MKGR Roem Kono saat menghadiri acara Halal bihalal di Jakarta Jumat (28/07/2017)

Roem Kono minta Polri selidiki mafia garam

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono yang juga Ketum MKGR mendesak Bulog mengambil peran yang lebih konkrit untuk mengatasi krisis garam di dalam negari. Dimana belakangan ini masyarakat menjerit, akibat kelangkaan garam, yang mengakibatkan harga garam melambung, dua kalipat dari harga normal.

Menurut Roem Kono, impor garam yang di lakukan saat ini , bersifat darurat dan terpaksa. Sehingga kedepan, tata niaga garam harus diperbaiki lagi, dengan meningkatkan produksi garam petani dalam negeri. Dimana Bulog diharapkan membantu dalam ketersediaan dan pendistribusian garam nasional, untuk mencegah kelangkaan dan krisis garam, seperti yang terjadi saat ini.

“DPR akan panggil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar menata kembali tata niaga garam konsumsi dan industri ini. Termasuk kita minta Bulog mengambil peran dalam ketersediaan stok dan distribusi garam, secara merata, keseluruh daerah untuk mencegah krisis garam ini,” ujar Roem Kono disela-sela hadiri acara Halal Bihalal MKGR di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Pemerintah, kata Roem Kono, akibat krisis garam ini, pemerintah akhirnya mengambil cara cepat, dengan impor garam dari negera tetangga untuk memenuhi kebutuhan garam dalam negeri saat ini. Baik kebutuhan garam untuk industri dan kebutuhan rumah tangga yang jumlahnya besar.

“ Ya akhirnya Pemerintah impor garam Australia untuk konsumsi sekaligus industri. Karenagaram Australia bisa untuk industri maupun konsumsi,” tegasnya.

Garam impor pun harganya lebih murah 3 x lipat dibanding garam lokal. “Harga garam impor untuk industri itu harganya juga lebih murah 3 x lipat dibanding garam lokal,” ungkapnya.

Beberapa pihak mencurugai kelangkaan garam dan krisis garam ini, tidak lepas dari permainan mafia garam di lapangan. Karena itu, Roem Kono pun minta kepolisian untuk menyeleidiki kasus ini, untuk membuktikan ada tidaknya mafia garam, dibalik krisi garam belakangan ini.

“ Setiap kelangkaan daripada sembilan bahan pokok harus pemerintah antisipasi sedini mungkin, sehingga tindakan-tindakan Kartel dan tindakan-tindakan untuk mengambil keuntungan lebih banyak itu saya kira bisa teratasi dengan baik. Ya sehingga Polri bisa melakukan penyelidikan kasus ini, untuk memastikan ada tidaknya mafia garam dibalik kasus ini,” pungkasnya (JW).

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *