Home / DPR / Tragedi Rohingya, Indonesia diminta evalusia kerjasama Myanmar
Ketua Hubungan Luar Negeri DPP Golkar Meutya Hafid di dampingi Sekjen Idrus Marhan saat memberikan konferi Pers soal tragedi kemanusiaan Rohingya , Myanmar

Tragedi Rohingya, Indonesia diminta evalusia kerjasama Myanmar

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – DPP Golkar mendesak Pemerintah RI agar mengambil langkah mengevaluasi hubungan diplomatik dengan Pemerintahan Myanmar, baik dari sisi diplomatik, ekonomi maupun kerjasama di bidang lainnya, sebagai bentuk protes atas terjadinya tragedi kemanusiaan yang berlangsung di negera tersebut.

“ Jika pemerintah Myanmar tidak segera menyelesaikan tragedi kemanusiaan yang terjadi di negera tersebut, kami menyarankan Pemerintah Indonesia melakukan evalusi hubungan kerjasama yang berjalan dengan baik selama ini dengan Myanmar. Ini sebagai bentuk protes keras pada negara tersebut, yang telah mengarah melakukan genosida terhadap etnis masyarakat tertentu di negara tersebut,” ujar Meutya Hafiz Ketua Bidang Luar Negeri DPP Golkar dalam konpersin Pers di Jakarta, Senin (4/9).

Wakil Ketua Komisi I DPR ini mengatakan, pihaknya juga mendorong Pemerintah Indonesia untuk terus berperan aktif dalam penyelesaian konflik ini melalui diplomasi, baik secara bilateral maupun regional melalui organesasi ASEAN.

“ Karenanya Indonesia harus menjadi pelopor solidaritas diantara bangsa-bangsa ASEAN untuk menjunjung tinggi nilai-nilai , harket dan martabat kemanusiaan serta memberi kan sikap tegas terhadap Myanmar,” tegasnya.

Lebih lanjut Meutya mengatakan pihaknya juga meminta Pemerintah Indonesia untuk mendesak PBB dalam Sidang Umum PBB yang akan datang agar segera melakukan investigasi terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM dan melakukan intervensi kemanusiaan jika terbukti telah terjadi pelangaran HAM di Myanmar sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban terhadap kemanusiaan.

“ DPR juga perlu membawa tragedi kemanusiaan Rohingya ini ke dalam World Parliamentary Forum yang diselenggarakan pada 6-7 September di Bali. Kita berharap akan ada resolusi bersama dari berbagai negara peserta sidang untuk mengutuk dan meminta Pemerintah Myanmar tak menutup mata,” tegasnya.(JW)

About admin

Check Also

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI

Hari Santri, FPKS Gelar Final Lomba Baca Kitab Kuning ke-2

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI diselenggarakan hari ini bertepatan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *