Home / DPR / Roem Kono desak Pemerintah tingkatkan lagi penanaman Kelapa Dalam
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI FG Roem Kono saat menerima Bupati Gorontalo, Nelson Pamalingo, serta kepala kades se Gorontalo, petani dan pengusaha kelapa dalam seluruh Indonesia di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/10).

Roem Kono desak Pemerintah tingkatkan lagi penanaman Kelapa Dalam

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Roem Kono mendorong gerakkan penanaman kembali dua juta bibit Kelapa Dalam. Hal tersebut di sampaikan Roem Kono saat menerima Bupati Gorontalo, Nelson Pamalingo, serta kepala kades se Gorontalo, petani dan pengusaha kelapa dalam seluruh Indonesia di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/10).

“Jaman dahulu kelapa menjadi salah satu komoditi unggulan masyarakat Indonesia. Sayangnya, belakangan kelapa dalam (kelapa buah), bukan kelapa sawit sudah berkurang. Karena tidak adanya penanaman kelapa, sementara kelapa yang ada sekarang merupakan tanaman kelapa yang sudah ditanaman oleh nenek moyang kita,”ujar Roem Kono.

Akibatnya, kata Roem Kono, saat ini masyarakat sudah merasakan dampaknya. Yaitu kelapa dalam menjadi berkurang. Jangankan untuk melakukan ekspor, untuk kebutuhan dalam negeri pun terbilang berkurang.

” Selain buah kelapa yang semakin jarang, ekspor kelapa pun terbilang berkurang. Padahal untuk menghasilkan kelapa yang baik, satu biibit pohon kelapa membutuhkan waktu sekitar lima tahun. Kondisi ini tak heran membuat “hilangnya” kelapa masyarakat,” ujar politisi Golkar ini.

Terkait dana yang dibutuhkan untuk gerakan penannaman jutaan bibit kelapa dalam, Roem mengatakan, bahwa sejatinya pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,1 triliun untuk meningkatkan pertanian, termasuk didalamnya penanaman kelapa dalam.

” Sehingga ke depan Komisi IV DPR akan kembali menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah, dalam hal ini Menteri Pertanian agar segera dilakukan penanaman kembali bibit kelapa dalam yang pernah menjadi komoditi unggulan masyarakat Indonesia,”(jay).

About admin

Check Also

Tantowi Yahya: Membumikan Pancasila pada WNI di Wellington melalui film LIMA

KABAR PARLEMEN.com, Wellington – Ruang Bali KBRI Wellington , Jumat (26/10) penuh sesak dengan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *