Home / DPR / Ledakan pabrik mercon, Saleh Daulay minta Menaker turun ke lapangan
Saleh Partaonan Daulay, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI FPAN

Ledakan pabrik mercon, Saleh Daulay minta Menaker turun ke lapangan

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mengusut kasus meledaknya gudang mercon di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (26/10/2017).

Sebab, Saleh melihat kecelakaan tersebut sebagai kecelakaan dengan jumlah korban yang cukup tinggi tahun ini. Dengan demikian, perlu diusut siapa saja yang harus bertanggung jawab di balik kecelakaan tersebut.

“Kelihatannya aspek kesehatan dan keselamatan kerja tidak benar-benar diperhatikan dan diterapkan. Pegawai pengawas ketenagakerjaan sepertinya tidak bekerja maksimal,” kata Saleh melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10/2017).

“Buktinya, keselamatan kerja di pabrik petasan (gudang mercon) ini luput dari pengawasan mereka,” ujar dia.

Di samping itu, Saleh menilai tak seharusnya Kemenaker memberi izin pembangun gudang mercon di kawasan padat penduduk. Secara faktual, di kawasan tersebut terdapat fasilitas umum seperti sekolah yang betul-betul harus aman dari potensi kecelakaan seperti itu.

“Ada kesan bahwa izin operasional pabrik (gudang mercon) tersebut dikeluarkan tanpa kajian yang baik,” ujar dia.

Hasil penyelidikan, menurut dia, harus dibuka ke publik secara luas. Jika ada yang terbukti bersalah, maka harus dijatuhi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Saleh pun meminta Menaker Hanif Dhakiri untuk terjun langsung ke lokasi kejadian.

“Menteri harus melihat secara langsung dan bertemu dengan para korban dan keluarganya. Ini bagian dari tanggung jawab yang perlu ditunaikan,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Di luar itu, Saleh menyampaikan duka cita atas meninggalnya 47 orang pekerja dan puluhan lainnya yang menderita luka-luka. Ia juga mendoakan agar 10 orang pekerja yang belum diketahui nasibnya bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat.

“Ini adalah kecelakaan kerja yang menimbulkan duka mendalam bagi kita semua,” ujar dia.

Gudang mercon milik PT Panca Buana meledak pada pukul 09.00 WIB. Pihak pemadam baru tiba pukul 10.30 WIB dengan sebelas mobil pemadam.

Saat itu, kondisi gerbang terkunci. Untungnya, warga setempat sempat membobol tembok gudang untuk menyelamatkan para karyawan yang terjebak di dalam. Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.00 WIB.

About admin

Check Also

Tantowi Yahya: Membumikan Pancasila pada WNI di Wellington melalui film LIMA

KABAR PARLEMEN.com, Wellington – Ruang Bali KBRI Wellington , Jumat (26/10) penuh sesak dengan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *