Home / FRAKSI / Fraksi Golkar / Publik Samoa ketagihan kuliner nusantara
Dubes Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya selenggarakan Festival kuliner nusantara di di Apia, Samoa, Senin (18/12)
Dubes Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya selenggarakan Festival kuliner nusantara di di Apia, Samoa, Senin (18/12)

Publik Samoa ketagihan kuliner nusantara

KABAR PARLEMEN.com, Apia – Festival kuliner Indonesia pertama di Pasifik terselenggara dengan sukses di Apia, Samoa. Pembukaan festival ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan, Dr. Leao Talalelei Tutama, mewakili Perdana Menteri yang berhalangan hadir. Sejumlah menteri, anggota parlemen, korp diplomatik, perwakilan organisasi internasional dan friends of Indonesia, hadiri acara ini, Senin malam (18/12).

Duta besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menjelaskan, bahwa festival kuliner ini menampilkan berbagai masakan nusantara.

” Hal ini adalah upaya yang di bangun, untuk semakin mendekatkan rakyat kita dengan rakyat Samoa dalam konteks Pacific Engagement dan people to people diplomacy,” ujar Tantowi Yahya dalam keterangan tertulisnya.

Melalui program ini, kata Tantowi, pihaknya ingin menularkan ekspertis di bidang kuliner khas Indonesia pada masyarakat Samoa. Dimana dalam festival kuliner ini,  memanfaatkan bahan baku kuliner seperti talas, ubi jalar, ubi kayu, pisang, sukun, nenas, nangka dan lainnya yang tumbuh di negara kepulauan berpenduduk 200 ribuan ini. Lewat racikan dua chef Indonesia yang bermukim di Wellington, Adjie dan Jimmy, bahan-bahan baku tersebut menjelma menjadi berbagai masakan lezat seperti gudeg, kolak, rendang, es teler, tekwan, soto Bandung dan sebagainya.

” Di Pasifik diplomasi lewat lidah dan perut sangat tepat dan dihargai sebagaimana komen yang kami terima secara bertubi-tubi. Dari rasa, timbul keinginan untuk berkunjung ke Indonesia untuk mengeksplorasi berbagai keindahan dan keajaiban yang kita miliki sebagaimana yang kita proyeksikan dalam Wonderful Indonesia,” tegas mantan wakil ketua Komisi I DPR RI FG ini.

Semakin dekatnya rakyat dan pemerintah Samoa ini, kata Tantowi, pada gilirannya akan berdampak positif pada hubungan bilateral kedua negara.

” Sehingga festival Kuliner ini menjadi semakin semarak dan berkesan dengan kehadiran berbagai tarian nusantara persembahan dari Kementrian Pariwisata,” pungkasnya.(jay)

About admin

Check Also

Bamsoet lamaran

KABAR PARLEMEN.com, Bandung – Berpakaian batik lengan panjang, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo beserta keluarga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *