Home / FRAKSI / Fraksi Golkar / Tantowi Yahya: Hubungan Erat dengan Samoa dan Tonga untuk Integritas NKRI
Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga, Tantowi Yahya dan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Dr. Anang Sutono, CHE sepakat bekerja sama memberikan bantuan pengembangan SDM dan peningkatkan kapasitas bagi warga Samoa dan Kerajaan Tonga  di bidang pariwisata.
Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga, Tantowi Yahya dan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Dr. Anang Sutono, CHE sepakat bekerja sama memberikan bantuan pengembangan SDM dan peningkatkan kapasitas bagi warga Samoa dan Kerajaan Tonga di bidang pariwisata.

Tantowi Yahya: Hubungan Erat dengan Samoa dan Tonga untuk Integritas NKRI

KABAR PARLEMEN.com, Wellington – Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga, Tantowi Yahya dan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Dr. Anang Sutono, CHE sepakat bekerja sama memberikan bantuan pengembangan SDM dan peningkatkan kapasitas bagi warga Samoa dan Kerajaan Tonga di bidang pariwisata.

” Bantuan di bidang pendidikan dan peningkatkan kapasitas bagi warga kedua negara merupakan bagian dari people to people diplomacy dan Pacific Engagement,” ujar Tantowi Tahya dalam keterangan tertulis, Minggu 31 Desember 2017.

Dubes Tantowi menjelaskan, bahwa kesepakatan tersebut sebagai bagian dari upaya bersama dalam merekatkan hubungan Indonesia dengan kedua negara di Pasifik Selatan, Samoa dan Kerajaan Tonga.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Pernyataan Kehendak (Letter of Intent) yang ditandatangani oleh Dubes Tantowi Yahya dan Ketua STP NHI Bandung, Dr. Anang Sutono, CHE di Wellington pada tanggal 27 Desember 2017.

Menurut Tantowi, STP NHI Bandung akan menyediakan program beasiswa pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa, pegawai/pejabat pemerintah, dan pelaku usaha dari kedua negara di bidang pariwisata. Program beasiswa dapat diberikan dalam berbagai jenjang pendidikan formal dari tingkat D-III, D-IV, S-1 sampai dengan S-2 dengan pengantar bahasa Inggris.

Selain melalui berbagai jenjang pendidikan formal, bantuan peningkatan kapasitas di bidang pariwisata juga akan diberikan dalam bentuk pelatihan “short course.

“Untuk setiap tahunnya terbuka peluang mengikutsertakan penerima beasiswa dari masing-masing kedua negara. Beasiswa yang diberikan meliputi bebas biaya kuliah (tuition fee), bantuan akomodasi serta uang saku (allowance)”, ujar Anang Sutono menguraikan.

Dalam audiensinya ke PM Samoa,Tuilaepa Lupesoliai Neioti Aiono Sailele Malielagaoi di Apia dan Raja Tonga, Tupou VI di Nakualofa beberapa waktu lalu, Tantowi menyampaikan, akan adanya bantuan tehnis dan peningkatan kapasitas SDM di bidang pariwisata dari Indonesia kepada kedua negara.

” Tawaran ini disambut dengan suka cita oleh kedua kepala negara mengingat pariwisata adalah indutsri utama mereka,” ujar mantan wakil Ketua Komisi I DPR FG ini

Samoa dan Kerajaan Tonga merupakan dua negara kepulauan di Pasifik Selatan, yang memiliki potensi besar di pariwisata khususnya wisata bahari. Pemerintah kedua negara memiliki visi dan kepentingan dalam mengembangkan pariwisata sebagai industri untuk menopang pendapatan negara. (jay)

About admin

Check Also

Bamsoet lamaran

KABAR PARLEMEN.com, Bandung – Berpakaian batik lengan panjang, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo beserta keluarga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *