Home / DPR / SBY akan bicara tantangan dalam mengurangi kemiskinan Perempuan
Ketua Umum Partai Demokrat, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
Ketua Umum Partai Demokrat, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono

SBY akan bicara tantangan dalam mengurangi kemiskinan Perempuan

KABAR PARLEMEN.com, Jakarta – Tahun ini Fraksi Partai Demokrat memperingati Hari Perempuan Internasional 2018 dengan mengangkat tema “Mengurangi Kemiskinan Perempuan: Menuju Ekonomi Indonesia yang Kuat dan Berkeadilan.”

Topik ini diangkat karena kesenjangan gender bidang ekonomi antara laki-laki dan perempuan masih lebar. Walau pembangunan Indonesia berhasil mengentaskan rakyat dari bawah garis kemiskinan sebesar 60% pada 1970an menjadi 12% di tahun 2012. Namun perempuan masih menerima upah 24% lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama.

Data World’s Economic Forum: The Global Gender Gap Report 2017 menunjukkan bahwa ketimpangan gender semakin melebar. Indonesia masih menduduki peringkat 84 dari 144 negara dalam Laporan Kesenjangan Gender 2017 tersebut.

“Mengacu pada kondisi ini, kami memandang pertumbuhan ekonomi tidak bisa dirasakan manfaatnya secara adil oleh laki-laki dan perempuan jika faktor penyebab pemiskinan perempuan tidak segera diatasi,” ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR – RI Eddie Baskoro Yudhoyono, Jumat (16/3).

Ketua Panitia Seminar, Anggota Fraksi Partai Demokrat, Erma Suryani Ranik mengatakan, bahwa Fraksi Partai Demokrat memahami persoalan perempuan, karena itu Demokrat mengundang para penggiat pemberdayaan perempuan untuk berbagi pengalaman yang spesifik dialami oleh perempuan dalam mencari nafkah.

Para aktivis perempuan ini antara lain; Aria Indrawati dari Persatuan Tuna Netra Indonesia, Devi Anggraini dari Perempuan masyarakat adat AMAN, Koordinator Perempuan Kepala Keluarga, Nani Zulminarni, Sekretaris Departemen Perencanaan Pembangunan DPP – Partai Demokrat, Firliana Purwanti, dan Bivitri Susanti, pendiri Sekolah Tinggi Hukum Jentera Indonesia. Komisioner KOMNAS Perempuan, Mariana Amiruddin diundang untuk memoderatori seminar ini.

Selain itu, para pembuat kebijakan juga diundang untuk menyampaikan upaya pengentasan kemiskinan yang selama ini dilakukan. Kali ini Partai Demokrat menghadirkan Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia Melani Leimena, dan Ibu Yohana Yambise Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sebagai pembuka seminar, Ketua Umum Partai Demokrat, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, akan memberikan pidato kunci tentang ‘Tantangan Mengurangi Kemiskinan Perempuan: Wajah Indonesia di Forum Global.” Seminar ini diadakan di Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR-MPR RI pada Senin, 19 Maret 2018. (jay)

About admin

Check Also

Ketua  DPR RI Bambang Soesatyo

Di Natuna, ini pesan Ketua DPR pada Singapura

KABAR PARLEMEN.com, Natuna – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan kawasan ruang udara (Flight Information …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *